1. Jurnal [Kembali]
2. Hardware [Kembali]
- Gerbang NAND
- Gerbang AND
- Gerbang OR
- Gerbang NOR
- Gerbang XOR
- Gerbang XNOR
- Gerbang NOT
- Logic state
- Logic probe
- clock
pada rangkaian terdapat 7 buah gerbang yaitu gerbang NOT, gerbang AND, gerbang OR, gerbang XOR, gerbang NAND, gerbang NOR, dan gerbang XNOR. Selain itu juga terdapat alat-alat seperti logic state dan clock.
ketika gerbang NOT dihubungkan dengan clock maka grafik yang dihasilkan adalah grafik kotak-kotak yang bergerak dari satu menuju nol dan ke satu lagi.
Gerbang AND ketika dihubungkan dengan clock dengan B0-nya berlogika nol maka grafik yang dihasilkan adalah grafik datar yang bergerak pada logika 0 atau low, ketika gerbang dihubungkan dengan clock dan B0-nya adalah 1 maka akan terbentuk grafik kotak-kotak yang dimulai dari nol, satu, nol, satu lagi dan seterusnya.
Kemudian untuk gerbang OR ketika dihubungkan dengan B0 berlogika 0 maka akan menghasilkan grafik otak-otak dari 0 ke 1 dan 0 lagi dan seterusnya, ketika gerbang OR dihubungkan dengan kondisi B0-nya satu maka akan menghasilkan grafik datar pada logika 1
Gerbang XOR ketika dihubungkan dengan B0-nya nol maka akan menghasilkan grafik kotak kotak dari nol ke satu dan nol lagi dan seterusnya ketika dihubungkan dengan B0 berlogika satu maka akan menghasilkan kotak-kotak dari 1, 0 dan satu lagi.
Kemudian untuk gerbang NAND ketika dihubungkan dengan B0 berlogika 0 maka akan menghasilkan grafik datar pada logika 1, namun jika dihubungkan dengan B0 berlogika 1 makan menghasilkan grafik kotak-kotak yang dimulai dari logika 1 menuju logika 0 dan kembali lagi ke logika 1 dan seterusnya
selanjutnya untuk gerbang NOR ketika B0 berlogika 0, maka akan menghasilkan grafik kotak-kotak yang dimulai dari 1, ketika dihubungkan dengan input 1 maka akan menghasilkan output grafik datar yang bergerak pada nilai nol
yang terakhir adalah gerbang XNOR ketika dihubungkan dengan input nol maka akan menghasilkan grafik kotak-kotak yang dimulai dari angka 1, ketika dihubungkan dengan input satu maka akan menghasilkan grafik otak-otak yang dimulai dari 0.
5. Video Rangkaian [Kembali]
6. Analisa [Kembali]
- NOT = gerbang yang berfungsi membalık kondisi input sehingga outputnya berbanding terbalik dengan input. Contohnya ketika ads input 001, maka outputnya adalah 110. OR = gerbang yang bekerja sesuai dengan prinsip penjumlahan pada bilangan biner. contohnya jika gerbang OR memiliki input 10, maka outputnya adalah 1 karana 1+0 adalah 1
- And = Gerbang AND bekerja bardasarkan prinsip perkalian pada bilangan biner. Contohnya jika gerbang And memiliki input 1 dan 0 maka outputnya adalah 0 karena 1x0=0
Tidak ada komentar:
Posting Komentar